Sahara, Latifa (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 LIMAPULUH. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121010 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4112121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4112121010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4112121010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4112121010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4112121010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4112121010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4112121010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4112121010 BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4112121010 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4112121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan AktivitasSiswa padaMateri Pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Limapuluh.Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Limapuluh T.P. 2014 / 2015. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu ceramah, memberi contoh soal dan soal latihan,siswa di kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan di kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a,b,c, d, dan e). Tes hasil belajar di validkan oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen 78.83 sedangkan dikelas kontrol 74,69. Berdasarkan hasil analisis korelasi didapatkan signifikansi sebesar 0,000 pada taraf 0,01 yang artinya Ha diterima dimana signifikan < 0,01 (0.00 < 0,01), disimpulkan bahwa ada hubungan antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing dan memiliki hubungan yang positif, yaitu jika aktivitas belajar meningkat maka hasil belajar juga akan meningkat dan berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji beda (uji t) Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung> ttabel (thitung2,171> ttabel2,000), diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari metode pembelajaran penemuan terbimbingsecara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMANegeri 1 Limapuluh T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 121 |
Keywords: | - |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12486 |