Ryansah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRY (INQUIRY TRAINING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA DARUSSALAM MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321036 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4113321036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4113321036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4113321036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113321036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113321036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4113321036 BAB I.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4113321036 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4113321036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113321036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4113321036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor kelas X semester II di SMA Swasta Darussalam Medan T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desainTwo Group Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester IISMA Swasta Darussalam Medan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 90 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampel Total dengan mengambil 2 kelas dari 2 kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 45 orang dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 45 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai test dengan jumlah 10 soal dan penilaian aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh satu observer, dan uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41.18 dengan standar deviasi 6.58, dan nilai rata-rata kelas kontrol 43.31 dengan standar deviasi 8.20. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0.1155 dan Ltabel = 0.1367, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0.0776, dan Ltabel = 0.1367, sehingga diperoleh Lhitung <Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.396 dan Ftabel = 1.844 sehingga Fhitung< Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata hasil postes kelas eksperimen 78.04 dengan standar deviasi 6.94 dan kelas kontrol 70.8 dengan standar deviasi 8.20. Nilai rata rata aktivitas pada pertemuan pertama 50 termasuk dalam kriteria kurang pada pertemuan kedua 76.7 termasuk kriteria aktif dan pertemuan ketiga 83 termasuk kriteria sangat aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 4.503 dan ttabel = 1.55 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Swasta Darussalam Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 124 |
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12484 |