Gusman, Hagie Fariz (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI - IPA SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141007 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4102141007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4102141007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4102141007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4102141007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4102141007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4102141007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4102141007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4102141007 BAB I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4102141007 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4102141007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi pokok sistem pernapasan manusia di kelas XI – IPA SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 48 orang yang diambil secara acak (random), yaitu dengan kluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagain acuan. Instrumen penelitian ini sebanyak 25 soal dalam bentuk pilihan ganda, dengan pemberian skor 1 untuk jawaban yang benar dan skor 0 untuk jawaban yang salah. Pada saat diberikan perlakuan dengan menggunakan Two Stay Two Stray dilakukan juga pengamatan aktivitas belajar siswa dengan peningkatan aktivitas belajar dari pertemuan I dan pertemuan II sebesar 74,5 termasuk kategori aktif. Setelah pembelajaran diberikan, dilakukan posttest dengan hasil rata-rata eksperimen 85,41 dengan standar deviasi 5,12 dan kelas kontrol 77,56 dengan standar deviasi 4,17. Setelah diadakan pengujian data posttest dari kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diadakan pengolahan selanjutnya yaitu hasil uji t diperoleh thitrung = 17,60 dan ttabel = 1,61 , sehingga thitung > ttabel (17,60 > 1,61) maka Ha diterima dengan demikian ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 47,89 % sedangkan persentase peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 22,35 % . Diperoleh juga persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen terhadap kelas control sebesar 22,35 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 150 |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Observasi; Two Stay Two Stray |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12473 |