Latief, Fadhilah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113331013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4113331013 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4113331013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4113331013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4113331013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4113331013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4113331013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4113331013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4113331013 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4113331013 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4113331013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menggunakan model inkuiri bebas dimodifikasi dengan inkuiri terbimbing menggunakan media powerpoint terhadap kemampuan psikomotorik. (2). Perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki kemampuan kognitif tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan kognitif rendah terhadap kemampuan psikomotorik (3). Interaksi antara pembelajaran menggunakan model inkuiri dimodifikasi dan inkuiri terbimbing menggunakan media powerpoint serta kemampuan kognitif terhadap kemampuan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2 dengan isi sel tak sama. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MIA semester 2 SMA Muhammadiyah 2 Medan. Penentuan sampel menggunakan teknik acak sederhana sejumlah dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 yang terdiri dari 39 siswa dan XI MIA 2 yang terdiri dari 38 siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi dan instrumen tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan psikomotorik siswa sedangkan tes digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada bahasan sistem koloid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (ANAVA) dua jalur. Setelah uji anava dilakukan uji lanjut anava yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1). Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menggunakan model inkuiri bebas dimodifikasi dengan inkuiri terbimbing menggunakan media powerpoint terhadap kemampuan psikomotorik, Fhitung = 6,42. Dari hasil uji lanjut anava diperoleh bahwa ada perbedaan rerata untuk model pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi dan inkuiri terbimbing yaitu X Ì
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 071 |
Keywords: | Inkuiri Bebas Dimodifikasi; Inkuiri Terbimbing; Kemampuan Kognitif; Kemampuan Psikomotorik; Sistem Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12441 |