Tobing, Evanggy Beatrya (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL DIRECT INSTRUTION DENGAN MEDIA POWER POINT PADA POKOK BAHASAN HIDROLIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112131006 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4112131006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4112131006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4112131006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4112131006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4112131006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4112131006DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4112131006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4112131006 BAB I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4112131006 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4112131006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia, menggunakan model inkuiri terbimbing dan model direct instruction dengan media power point pada pokok bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa kelas XI IPA reguler Swasta Methodist 1 Medan yang berjumlah 69 orang dan sampel yang digunakan pada penelitian ini dipilih secara lansung, XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model inkuiri terbimbing dengan media power point dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model direct instruction dengan media power point. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berbentuk soal pilihan berganda dengan ranah kognitif sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas dari data, diperoleh bahwa kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test uji dua pihak dengan hasil thitung = 2,624 sedangkan ttabel = 2,002 untuk α = 0.05 dan dk = 58 sehingga thitung > 2,002. Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 79,9% dan kelas eksperimen II pada kelas esperimen sebesar 64,3% diperoleh perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 15,6% maka Ha dierima dan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing dan model direct instruction dengan media power point pada pokok bahasan hidrolisis garam.Kata kunci : Inkuiri terbimbing, Direct Instruction, Power Point, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 122 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Direct Instruction; Power Point; Hasil Belajar; Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12424 |