Purnama, Yuli (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 LANGSA T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121079 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4113121079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4113121079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4113121079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4113121079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113121079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4113121079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4113121079 DAFTAR PERSAMAAN.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4113121079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4113121079 BAB I.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4113121079 BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4113121079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester II pada materi pokok Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Negeri 1 Langsa T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Langsa yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 298 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk uraian dengan jumlah 7 soal.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 50,16 dengan standar deviasi 8,70 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 51,70 dengan standar deviasi 7,02. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 72 dan � = 0,05, diperoleh thitung = 0,838 dan ttabel = 1,996 sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima, dengan demikian diperoleh bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai dilakukan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 81,08 dengan standar deviasi 5,30 dan kelas kontrol 77,13 dengan standar deviasi 4,97. Hasil uji t satu pihak dengan dk = 72 dan � = 0,05, diperoleh thitung = 3,872 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Langsa T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 139 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Hasil Belajar; Suhu Dan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12421 |