Harun, Maghfirah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P.2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321021 COVER.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4113321021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
4113321021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (978kB) | Preview
4113321021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (952kB) | Preview
4113321021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4113321021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (916kB) | Preview
4113321021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (889kB) | Preview
4113321021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (972kB) | Preview
4113321021 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4113321021 BAB V.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
4113321021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P.2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N. 1 Tanjung Morawa T.P. 2014/2015 dengan jumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas XI4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 43 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk uraian dengan jumlah 10 soal yang telah di validasi oleh dua orang dosen dan satu orang guru. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 42,39 dengan standar deviasi 7,91 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 42,16 dengan standar deviasi 7,54. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem based learning menggunakan peta konsep dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 72,78 (Aktif). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,76 dengan standar deviasi 8,17 dan kelas kontrol 42,16 dengan standar deviasi 7,54. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P.2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 005 |
Keywords: | Problem Based Learning; Peta Konsep; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12415 |