Gita, Erlina Dewi (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 1 UJUNG PADANG KABUPATEN SIMALUNGUN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121005 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4112121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4112121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4112121005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4112121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4112121005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4112121005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4112121005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4112121005 BAB I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
4112121005 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4112121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II di SMAN 1 Ujung Padang Kabupaten Simalungun T.A. 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMAN 1 Ujung Padang yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sample dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay,jumlah soal 15 item yang telah divalidkan oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46,16 dan kelas kontrol adalah 43,34, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,46 dan kelas kontrol 52,81. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 9,77 sedangkan ttabel = 1,34. Karena thitung > ttabel (9,77 >1,34) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 078 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran Inquiry Training; Konvensional; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12402 |