Simamora, Pintor and Rajagukguk, Juniastel and Manurung, Sondang R. (2013) STUDI PENDAHULUAN TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ARGUMENTASI ILMIAH MATA KULIAH FISIKA UMUM I DI KELAS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19 (02). pp. 112-121. ISSN 0852-0151
Full Text, Cover.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian berbasis pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilakan pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah pada mata kuliah fisika umum dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah masih tahap awal (pendahuluan dan perencanaan) yaitu; studi literatur tentang karateristik pelaksanaan pembelajaran berbasis argument, wawancara dan diskusi pada beberapa pukar tentang perlunya pembelajaran
berbasis terhadap argumentasi ilmiah. Selanjutnya dilakukan juga observasi terhadap aktifitas dan kegiatan argumentasi dosen dan mahasiswa pada beberapa perkuliahan fisika umum 1. Untuk mendukung data hasil penelitian, kepada mahasiswa disebar angket untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah. Dari analisis data diperoleh bahwa pembelajaran argumentasi sangat disarankan oleh beberapa pakar sangat sebagai model altenatif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah fisika umum1. Pengembangan pembelajaran argumentasi memelurkan karateristik standpoint atau starting point, perakuan terhadap tahapan scaffolding (tahap inisiasi, pengembangan dan tahap penguatan) dianaisis dengan sistem coding. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pembelajaran yang berlangsung belum berbasis argumentasi ilmiah, hal ini nampak dari kurangnya interaksi ilmiah antara dosen dengan mahasiswa maupun antara sesama mahasiswa. Sehingga berdampak pada rendahnya tanggapan ilmiah mahasiswa terhadapa masalah - masalah yang disampaikan dosen. Sedangkan mahasiswa sangat berharap pembelajaran dapat terlaksana dengan menggunakan metode argumentasi ilmiah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperlukan uji coba dan implementasi pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah untuk memperoleh peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum 1.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran; Argumentasi Ilmiah; Inkuiri; Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 18 Apr 2016 07:14 |
Last Modified: | 27 May 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1239 |