Gultom, Gerham (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111036 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4113111036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4113111036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4113111036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4113111036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4113111036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4113111036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4113111036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4113111036 BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4113111036 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4113111036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan T.A 2014/2015 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan dengan jumlah siswa 42 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan T.A 2014/2015. Pada awal penelitian dilakukan tes awal untuk melihat kemampuan awal siswa dan juga kesulitan yang dialami siswa. Siswa yang tuntas dalam tes awal ini adalah 11 siswa (26,19%) dan rata-rata kelas 58,12. Setelah diberikan perlakuan pada siklus I dengan menerapkan Metode Penemuan Terbimbing diperoleh aktivitas siswa yang masuk kategori baik dan sangat baik adalah 14 siswa (33,34%) sedangkan untuk tes hasil belajar I, siswa yang tuntas dalam tes ini sebanyak 26 siswa (61,90%) dan rata-rata kelas 68,17. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswanya dari tes awal (sebelum diberikan tindakan) ke tes hasil belajar I (setelah diberikan tindakan). Karena presentase aktivitas siswa yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik belum mencapai â
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 071 |
Keywords: | Hasil Belajar;Kubus dan Balok;Penerapan Metode |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12386 |