Lestari, Wiji (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK MNEMONIK DAN TEKNIK PETA PIKIRAN PADA SUB MATERI MOLLUSCA DI KELAS X SMA SWASTA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112141018 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4112141018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
4112141018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4112141018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4112141018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4112141018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4112141018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4112141018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4112141018 BAB I.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4112141018 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4112141018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran teknik mnemonik dan teknik peta pikiran pada sub materi mollusca di kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015, yaitu sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 101 orang siswa. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas yang diajar menggunakan teknik mnemonik dan X2 sebagai kelas yang diajar menggunakan teknik peta pikiran, masing-masing kelas berjumlah 33 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen. Sebelum diberikan perlakuan, rata-rata nilai pretes pada kelas eksperimen I adalah 33.18 dan setelah diberi perlakuan menjadi 77.57, sedangkan hasil pretes siswa kelas eksperimen II sebesar 30.60 dan setelah diberi perlakuan menjadi 73.93. Berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II. Analisis statistika menunjukkan thitung > ttabel, dengan dk 64, α = 0.05 adalah 2.179 > 1.997 yang berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan teknik mnemonik dan teknik peta pikiran pada sub materi mollusca di kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 046 |
Keywords: | Hasil Belajar; Teknik Mnemonik; Peta Pikiran; Learning Outcome; Mnemonic Techniqu; Mind Map |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12370 |