Arisa, Yeni and Simamora, Pintor (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS. Jurnal INPAFI, 02 (04). pp. 52-58. ISSN 2337-4624
Full Text, Cover.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikat kmodal pembelajaran inquity training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis. Jenis penelitian ini adalah quast eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan teknik clust random sampling terpilih kelas X MS-a dan X MS-b sebagai tes kelas eksperimen dan kelas control. Intrumen penelitian berupa tes pilihan berganda dan satu lembar odservasi untuk mengukur hasil belajar dan aktifitas siswa. Data rata – rata pretes kelas eksperimen dan kelas control adalah 39,05 dan 39,5. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah diberi perlakuan yaitu yaitu kelas eksperimen denag pembelajaran inquity traning dan kelas control denagn pembelajaran konverensional diperoleh data postes dengan hasil rata-rata kelas eksperrimen dan kelas control adalah 76,7 dan 64,14. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdisteribusi normal dan homogeny seta ada pengaruh ang signifikat model pembelian inquity training terhadap hasil belajar siswa. Selama proses pembelajaran nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 70,7 dengan kategori aktif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Inquiry Training; Quasi Eksperimen; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 18 Apr 2016 06:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1237 |