Lestari, Desi (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X SMA SWASTA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141016 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4113141016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4113141016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4113141016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4113141016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4113141016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4113141016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4113141016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113141016 BAB I.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4113141016 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4113141016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model project based learning dengan problem based learning pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan hidup di kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan T.P. 2014/2015. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015, yaitu sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 134 orang siswa. Sampel diambil secara acak (rondom sampling) sebanyak 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas yang di ajar menggunakan teknik mnemonik dan X2 sebagai kelas yang diajar menggunakan teknik peta pikiran, masing-masing berjumlah 33 dan 33 orang siswa. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model project based learning adalah 76,36 dengan standart deviasi 7,42 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model problem based learning adalah 73,63 Dengan standart deviasi 6,87 meskipun hasil belajar berbeda, namun hasil uji-t pada taraf α = 0,05 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dimana thitung terletak antara ttabel atau masih didalam daerah penerimaan H0 (â€
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 029 |
Keywords: | Hasil Belajar; Project Based Learning;Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12360 |