Marpaung, Masnur and Simamora, Pintor (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS MINDSCAPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB-MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.P 2012/2013. Jurnal INPAFI, 02 (02). pp. 136-152. ISSN 2337-4624
Full Text, Cover.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquity training berbasis mindscaping terhadap hasil belajr siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas berjumlah 35 orang dan kelas VII-3 sebagai kelas control yang berjumlah 35 orang. Intrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang memenuhi validitas isi dalam bentuk pilihan berganda denagn jumlah 20 soal. Hasil nilai pretes diperoleh 38,71 dan postest 73,86. Hasil uji satu pihak thitung 4,35 ttabel – 1,67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima . Dengan demikian diperoleh kesimpulan ada penagruh model pembelajaran inquity training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Inquiry Training; Mindscaping; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 18 Apr 2016 02:52 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1235 |