Ismaniar, Nurul (2015) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING ANDA LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP SWATA TAMORA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111042 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4101111042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4101111042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4101111042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4101111042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101111042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101111042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101111042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101111042 BAB I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
4101111042 BAB V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4101111042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101111042 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Swasta Tamora.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Tamora tahun ajaran 2014/2015 yang masing-masing berjumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Swasta Tamora tahun ajaran 2014/2015. Data diperoleh dari tes pemahaman konsep matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Sebelum dilaksanakannya siklus diadakan tes diagnostik pada kelas VII untuk melihat kemampuan awal siswa dalam memahami konsep himpunan, juga untuk mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan himpunan. Kemudian dilaksanakan siklus I dan siklus II di kelas VII untuk melihat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan.Pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada tes diagnostik yaitu 43,67 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 58,92 dengan tingkat pemahaman konsep matematika rendah. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 75,0 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sedang serta telah mencapai target keberhasilan belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terbalik (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Swasta Tamora.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Ism p |
Keywords: | pembelajaran matematika; pembelajaran kontekstual; himpunan; himpunan bagian; himpunan kosong; selisih himpunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12348 |