Putri, Nicky Miyarna (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 STABAT T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111038 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4101111038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4101111038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4101111038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4101111038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4101111038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4101111038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4101111038 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4101111038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4101111038 BAB I.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
4101111038 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101111038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101111038 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Aritmatika di kelas VII SMP Negeri 1 Stabat T.A 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Stabat, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 30 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Number Head Together (NHT) yang disebut sebagai kelas eksperimen A, kelas VII-D yang berjumlah 30 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang disebut sebagai kelas eksperimen B. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas eksperimen A adalah 79.5 dengan standar deviasi adalah 8.0247. Nilai rata-rata hasil postest siswa pada kelas eksperimen B adalah 73.333 dengan standar deviasi adalah 7.1115. Dari hasil analisis data berupa uji normalitas data pretest hasil belajar kelas eksperimen A diperoleh Lhitung (0,153117) < Ltabel (0,161) dan data pretest hasil belajar kelas eksperimen B diperoleh Lhitung (0,155245) < Ltabel (0,161). Data postest hasil belajar kelas eksperimen A diperoleh Lhitung (0,120115) < Ltabel (0,161) dan data postest hasil belajar kelas eksperimen B diperoleh Lhitung (0,12598) < Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil analisis data berupa uji homogenitas data postest diperoleh nilai Fhitung = 1,273295. Pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh harga Ftabel = 1,8608. Fhitung < Ftabel maka data pretest dan data postest kedua sampel homogen. Dari uji hipotesis posttest diperoleh thitung = 3,150 > ttabel = 2,0017 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Aritmatika Sosial siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Stabat T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Put p |
Keywords: | hasil belajar; pembeljaran matematika; pembeljaran kooperatif; NHT; TPS; aritmatika sosial; harga jual; harga beli; untung dan rugi; rabat; diskon; bruto; tara; netto; bunga tabungan dan pajak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12340 |