Dariaty, Isti (2015) UPAYA PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TIPE CO-OP CO-OP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SISWA SMP KARYA BUNDA MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101311001 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4101311001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4101311001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4101311001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4101311001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4101311001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101311001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101311001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101311001 BAB I.pdf - Published Version
Download (944kB) | Preview
4101311001 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4101311001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4101311001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui Strategi untuk meningkatkan komunikasi matematika siswa kelas VIII-A SMP Karya Bunda pada materi sistem persamaan linier dua variabel, (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VIII-A SMP Karya Bunda Medan ketika diterapkan model pembelajaran Kooperatif GI tipe Co-op Co-op, (3) untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematika siswa kelas VIII-A SMP Karya Bunda pada materi Sistem Persamaa Linier Dua Variabel setelah menggunakan Model pembelajaran Kooperatif tipe Co-op Co-op. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A SMP Karya Bunda Medan yang berjulah 25 orang. Objek penelitian ini adalah Upaya peningkatan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif GI tipe Co-op Co-op pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-A SMP Karya Bunda Medan.Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 13 siswa (62%) dari 25 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes komunikasi matematika II diperoleh 23 siswa (88%) dari 25 orang yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 21%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal, maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa untuk setiap indikator pada siklus I : pada aspek menulis / menjelaskan skor rata-rata siswa 83,5 (kategori Tinggi), pada aspek representasi skor rata-rata 68 (kategori rendah). Pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 38 (kategori sangat rendah). Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut: pada aspek menulis/ menjelaskan skor rata-rata siswa 89 (kategori Tinggi), pada aspek representasi skor rata-rata 85,5 (kategori Tinggi). Pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 55,5 (kategori sangat rendah). Berdasarkan uraian-uraian diatas, disimpulkan bahwa aktivitas dan komunikasi matematika siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kooperatif tipe Co-op Co-op pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-A SMP Karya Bunda Medan Estate Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Dar u |
Keywords: | pembelajaran kooperatif; Group Investigation; Pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co- op; SPLDV; persamaan linier dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12337 |