Sihombing, Aris Armada Gunung (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121008 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103121008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4103121008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4103121008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103121008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103121008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103121008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103121008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103121008 BAB I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
4103121008 BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4103121008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4103121008 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA Semester I pada materi pokok Hukum Newton di SMA N 16 Medan T.A 2014/ 2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA Semester I SMA Negeri 16 Medan yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 150 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X-IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas X-IPA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 yaitu tes hasil belajar yang merupakan validitas isi dalam bentuk essay tes dengan jumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas siswa.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,81 dengan standar deviasi 13,81, dan nilai rata-rata kelas kontrol 44,05 dengan standar deviasi 11,01. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,0736 dan Ltabel = 0,1476, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,0785, dan Ltabel = 0,1476, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,57 dan Ftabel = 1,74 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,05 dengan standar deviasi 10,91dan kelas kontrol 68,81 dengan standar deviasi 10,60. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 4,55 dan ttabel = 1,66, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 16 Medan T.A 2014/ 2015. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 72,03 dengan kategori aktif dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran kelas kontrol memiliki nila rata-rata 59,81 dengan kategori cukup aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Sih p |
Keywords: | quasi eksperimen; problem based learning; konvensional; aktivitas; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12327 |