Tarigan, Delvi Selvani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIAFLASH TERHADAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111131026 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4111131026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4111131026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4111131026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4111131026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4111131026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4111131026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111131026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4111131026 BAB I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4111131026 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4111131026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4111131026 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan menggunakan Macromedia Flash lebih baik daripada hasil belajar yang diajarkan dengan model Konvensional dengan menggunakan Macromedia Flash pada pokok bahasan Sistem Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA., sampel yang teliti adalah SMA Negeri 17 Medan, yang diambil sebanyak 2 kelas yang masing – masing kelas terdiri dari 40 orang siswa. Sampel 2 kelas tersebut yaitu Kelas XI IPA5 (Kelas Eksperimen I yang diberi pengajaran dengan dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan menggunakan Macromedia Flash) dan kelas XI IPA1 (Kelas Eksperimen II diberikan pengajarkan dengan model Konvensional dengan menggunakan Macromedia Flash). Hasil belajar tersebut dari masing-masing kelas diukur dengan instrument test hasil belajar bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item yang memenuhi validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistika T.
Data yang diperoleh : rata – rata hasil belajar siswa kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together degan menggunakan Macromedia Flash adalah sebesar 81 dan rata – rata hasil belajar siswa kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan Macromedia Flash adalah sebesar 76,25. Berdasarkan analisis data dengan teknik statistik T tersebut pada tingkat signifikansi 5 % atau (α = 0,05) dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan menggunakan Macromedia Flash lebih baik daripada hasil belajar yang diajarkan dengan model Konvensional dengan menggunakan Macromedia Flash pada pokok Bahasan Sistem Koloid. Peningkatan atau kenaikan Afektif rata-rata sikap kerjasama siswa yang dibelajarakan dengan model Numbered Head Together dengan menggunakan Macromedia Flash yaitu 58%.
Kata kunci: Numbered Head Together, Macromedia Flash, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 003 |
Keywords: | Hasil Belajar; Koloid: Macromedia Flash; Numbered Head Together; Sikap Kerjasama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12298 |