Afriani, Rizka (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131062 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113131062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4113131062 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4113131062 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113131062 DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113131062 DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113131062 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113131062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4113131062 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4113131062 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4113131062 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada hubungan antara karakter dengan hasil belajar kimia siswa dengan model kooperatif berbasis masalah yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Dari hasil penelitian juga dapat diketahui apakah hasil belajar siswa lebih tinggi dari nilai KKM atau tidak. Sampel penelitian sebanyak satu kelas sampel yang diberi perlakuan menggunakan bahan ajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat dari kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji r dan diperoleh thitung = 5,087 sedangkan ttabel = 2,423. Karena thitung > ttabel pada taraf 5%, maka Ho ditolak. Sedangkan untuk uji korelasi atau uji r diperoleh diperoleh rhitung = 0,669 sedangkan rtabel = 0,308 dengan kontribusi karakter terhadap hasil belajar sebesar 44,71%. Dengan demikian korelasi positif dari karakter terhadap hasil belajar serta hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah yang didukung bahan ajar lebih besar dari pada nilai KKM yaitu 75. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa sebesar 71,74%. Dengan melihat peningkatan hasil belajar menggunakan bahan ajar yang diajarkkan dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan, maka diharapkan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 001 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; Bahan Ajar; Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12270 |