Lestari, Puteri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 BINJAI KABUPATEN LANGKAT T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121012 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4112121012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
4112121012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4112121012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4112121012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4112121012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4112121012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4112121012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4112121012 BAB I.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4112121012 BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4112121012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat T.P 2014/2015. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat T.P 2014/2015. 3) Mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Binjai KabupatenLangkat yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah divalidkan oleh validator. Instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32,62 dengan standar deviasi 8,39 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 32,08 dengan standar deviasi 9,66. Selama proses pembelajaran, rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 71,48, rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan kedua yaitu 79,1 dan rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan ketiga adalah 83,7. Nilai aktivitas pada kelas eksperimen sangat baik dan selalu mengalami peningkatan. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,87 dengan standar deviasi 9,96 dan kelas kontrol 61,11 dengan standar deviasi 10,15. Data pretes dan postes telah memenuhi prasyarat sehingga hasil uji t pretes telah memiliki kesamaan rata-rata dan uji t postes menyatakan ada perbedaan yang signifikan karena pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 034 |
Keywords: | pembelajaran discovery learning; hasil belajar; materi fluida dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12267 |