Rangkuti, Muhammad Azhari (2015) ANALISIS HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MA NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141045 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103141045 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
4103141045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4103141045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4103141045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103141045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103141045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103141045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103141045 BAB I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
4103141045 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103141045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi penggunaan sosial media sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas XI MA Negeri 1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 yang berjumalah 45 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data adalah angket tertutup. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data diperoleh dari hasil angket dan dokumen prestasi belajar siswa. Teknik analisis data mrnggunakan uji prasyarat uji normalitas; uji linieritas dan analisis dengan uji korelasi product momentBerdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Delapan puluh sembilan persen siswa kelas XI MA Negeri 1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 menggunakan media sosial facebook dengan rata-rata 6 jam/hari. 2) Tujuh puluh lima persen siswa kelas XI MA Negeri 1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 memiliki nilai rata-rata prestasi belajar biologi diatas KKM 3) Penggunaan media sosial facebook memiliki korelasi negatif dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas XI MA Negeri 1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015; tetapi hubungan tersebut tidak signifikan 4) Kontribusi penggunaan media sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas XI MA Negeri 1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 sangat kecil (hanya 5%). Dengan demikian diharapkan pihak sekolah mampu mengimplementasikan hasil temuan ini untuk terus mengoptimalkan prestasi belajar siswa; dimana pihak sekolah dapat mengawasi langsung penggunaaan media sosial facebook disekolah sehingga penggunaan media sosial facebook dapat lebih terarah lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Ran a |
Keywords: | media sosial facebook; prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12261 |