Etman, Dhina (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS MELALUI TEORI BELAJAR VAN HIELE DI KELAS VIII SMP KARTIKA I-2 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112111005 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4112111005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4112111005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4112111005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4112111005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4112111005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4112111005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4112111005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4112111005 BAB I.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4112111005 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4112111005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari sub pokok bahasan prisma dan limas,mengetahui apakah teori belajar Van Hiele dapat mengatasi kesulitan tersebut, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan teori belajar Van Hiele pada sub pokok bahasan prisma dan limas di kelas VIII SMP Kartika I-2 Medan T.A 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII-3 SMP Kartika I-2 Medan dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan prisma dan limas di kelas VIII SMP Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 melalui teori belajar Van HieleJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Tindakan kelas (PTK) yang dibagi dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari sub pokok bahasan prisma dan limas di kelas VIII SMP Kartika I-2 Medan adalah: (1) Siswa tidak mampu membedakan bangun prisma dan limas, (2) Siswa kesulitan dalam menjawab soal yang berkaitan dengan sisi, diagonal sisi, diagonal ruang, dan bidang diagonal suatu prisma, (3) Siswa kesulitan untuk menggambarkan jaring-jaring prisma segitiga, dan (4) Siswa kesulitan dalam menjawab soal terkait volume prisma. Berdasarkan data-data yang diperoleh terbukti bahwa teori belajar Van Hiele dapat mengatasi kesulitan pada sub pokok bahasan prisma dan limas di kelas VIII SMP Kartika I-2 Medan T.A 2014/2015. Peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya teori belajar Van Hiele pada sub pokok bahasan prisma dan limas adalah: (1) Nilai rata-rata tes hasil belajar mengalami peningkatan, yaitu perolehan nilai 70,53 di siklus I meningkat menjadi 85,20 pada siklus II yang mana terjadi peningkatan nilai sebesar 14,67, (2) Persentase tingkat ketuntasan belajar secara klaksikal pun mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 61% sementara pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 89 %. Dengan demikian, jelas terlihat bahwa terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 28%Hasil penelitian ini membuktikan bahwa teori belajar Van Hiele dapat mengatasi kesulitan dan meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan prisma dan limas di kelas VIII SMP Kartika I-2 Medan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 029 |
Keywords: | Hasil belajar; Prisma dan Limas; Teori Belajar Van Hiele |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12259 |