Sipayung, Hani Diana (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 KISARAN T. P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121008 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4111121008 LEMBAR PENGESAHAN.doc.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
4111121008 KATA PENGANTAR.doc.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4111121008 ABSTRAK.doc.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4111121008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4111121008 DAFTAR TABEL.doc.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4111121008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4111121008 DAFTAR LAMPIRAN.doc.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4111121008 BAB I.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4111121008 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4111121008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4111121008 RIWAYAT HIDUP.doc.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X Semester II pada materi pokok Listrik Dinamis di SMA Negeri 1 Kisaran T.P 2014/2015.Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kisaran yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X2 (sebagai kelas kontrol) dan kelas X3 (sebagai kelas eksperimen) yang masing-masing berjumlah 30 orang yang ditentukan dengan cara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay tes dengan jumlah 8 soal.Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 24,93 dan kelas kontrol adalah 25,50. Pengujian normalitas pada kelas eksperimen diperoleh data Lhitung = 0,1731 dan Ltabel = 0,1870, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1739, dan Ltabel = 0,1870, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,17 dan Ftabel = 1,86 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Perlakuan yang diberikan untuk kedua kelas diberikan berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional, setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 66,00 dengan standar deviasi 14,48 dan kelas kontrol 57,04 dengan standar deviasi 12,25. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 73,5 termasuk kategori baik, untuk kelas kontrol diperole rata-rata 54,3 dengan kategori cukup. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,59 dan ttabel = 2,39, sehingga thitung > ttabel (2,59 >2,39) maka H diterima, dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis Di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kisaran T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 003 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran Berbasis Masalah;Konvensional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12258 |