Halawa, Nissi Riahta (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HAIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 6 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121045 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4113121045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4113121045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4113121045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4113121045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
4113121045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4113121045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4113121045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
4113121045 BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4113121045 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113121045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 6 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 42 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 42 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 2) Lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Data penelitian menunjukkan, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,93 dan nilai rata-rata kelas kontrol 43,81, hasil uji t diperoleh thitung = - 0,41 dan ttabel = 1,99 karena thitung < ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,98 dan kelas kontrol 71,14. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,92 dan ttabel = 1,66 karena thitung > ttabel maka Ha diterima yang berati hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 007 |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12253 |