Sari, Aswitha (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SMA SWASTA HARAPAN BANGSA TP 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121010 C0VER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
4103121010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4103121010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103121010 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4103121010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103121010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103121010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121010 BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
4103121010 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, (2) mengetahui afektif dan psikomotorik siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar pada materi gerak lurus di kelas X SMA Swasta Harapan Bangsa Kuala T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Swasta Harapan Bangsa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-1 dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kelas X-2 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar kognitif dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi afektif siswa, dan (3) lembar observasi psikomotorik siswa.Analisa data menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 27,97 dan kelas kontrol 29,83. Hasil analisis data pretes menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, varians kedua sampel homogen, dan kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan dengan tiga RPP dan sekaligus mengobservasi afektif dan psikomotorik diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 72,50 dan 65,67. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t satu pihak. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 8,65 > ttabel = 1,67 maka H0 ditolak dan Ha diterima.Kesimpulan dari hasil penelitian adalah hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran Inkuiri lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok gerak lurus di kelas X SMA Swasta Harapan Bangsa Kuala T.P. 2014/2015. Model pembelajaran Inkuiri dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk mencoba menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 533.270 712 Sar p |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Hasil Belajar; Gerak Lurus. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12251 |