Syahputri, Ayu (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI SMA N 1 STABAT T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121003 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4111121003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4111121003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4111121003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4111121003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4111121003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4111121003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4111121003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4111121003 BAB I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4111121003 BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4111121003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester genap pada materi pokok fluida dinamis di SMA N 1 Stabat T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Stabat T.P 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah divalidasikan.Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 48,33 dengan standar deviasi 10,85 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 47 dengan standar deviasi 11,49. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = 0,59 < 1,988 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 78,33 dengan standar deviasi 8,24 dan kelas kontrol 74,17 dengan standar deviasi 10,09. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 2,26 > 1,988 sehingga Ha diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida dinamis kelas XI semester genap di SMA N 1 Stabat T.P 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 024 |
Keywords: | discovery learning; konvensional; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12238 |