Larasati, rika (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113341033 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113341033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4113341033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4113341033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4113341033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113341033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113341033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113341033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113341033 BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4113341033 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4113341033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113341033 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe Team Game Tournament (TGT) dan model tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia kelas XI SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Prayatna Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I sebanyak 31 siswa dan kelas ekperimen II sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Kelas eksperimen I diberi perlakuan dengan menggunakan model Team Game Tournament (TGT) dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT). Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata postest pada kelas Team Game Tournament (TGT) (X1) sebesar 74,7 dengan satandar deviasi 5,10, dan nilai rata-rata postest pada kelas Numbered Head Together (NHT) (X2) sebesar 80,2 dengan standar deviasi 3,86. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi menggunakan model Team Game Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α 0,05 dimana thitung > ttabel (5,830 > 2,001) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model tipe Team Game Tournament (TGT) dan model tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas XI IPA SMA Swasta Prayatna Medan T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 003 |
Keywords: | Model Pembelajaran TGT; Model Pembelajaran NHT; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12230 |