Pakpahan, Renata Yolanda (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEINGINTAHUAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR KELAS X SMAN 1 LAGUBOTI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111065 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103111065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
4103111065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4103111065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103111065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4103111065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103111065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103111065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103111065 BAB I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
4103111065 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4103111065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103111065 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear di kelas X SMA Negeri 1 Laguboti T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah 43 siswa kelas X-IPA 3 SMAN 1 Laguboti dan objek penelitian ini model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk melihat rasa ingin tahu siswa. Sedangkan analisis data yang dilakukan di dalam penelitian adalah teknik/metode analisis. Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan observasi terhadap rasa ingin tahu siswa dan observasi pembelajaran serta di akhir dari siklus diberikan tes hasil belajar. Dari siklus I diperoleh skor pengamatan rasa ingin tahu siswa dalam kategori kurang dengan skor 2,04 sehingga belum memenuhi target peneliti, sedangkan di siklus II diperoleh rasa ingin tahu siswa dalam kategori cukup dengan skor 2,65 sudah ada siswa di kategori sangat baik dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan baik dengan hasil observasi di siklus I mencapai 76,47% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan menjadi 87,50% pada siklus II. Pada tes hasil belajar I dari 43 orang siswa sebanyak 19 siswa (44,18%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 24 siswa lainnya (55,81%) belum tuntas. Pada tes hasil belajar II, sebanyak 38 siswa (88,37%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 orang siswa lainnya (11,62%) tidak tuntas. Karena hasil pengamatan rasa ingin tahu siswa meningkat dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai maka pelaksanaan tindakan berhenti di siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear di kelas X SMAN 1 Laguboti T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Pak p |
Keywords: | pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; SPLTV; matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12209 |