Baharuddin (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PADA SISWA SMK NEGERI 1 TANJUNG MORAWA DELI SERDANG. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16 (02). pp. 14-22. ISSN 0854-7468
Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pengaturan Motor Mekanik yang dibelarkan dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas X TeknikTenaga Listrik SMK Negeri 1 Tanjung Morawa Deli Serdang.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Tenaga Listrik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X TTL yang berjumlah 74 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning) kelas X TTL 1 yang berjumlah 37 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah yang menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori kelas X TTL 2 yang juga berjumlah 37 siswa.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test. Hasil belajar siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning memiliki skor rata-rata 24.027 sedangkan dengan menggunakan Strategi pembelajaran Ekspositori memiliki skor rata-rata 16,648. Uji statistik dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung> ttabel yaitu 13.8>1.7,disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelaajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori di kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Morawa
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning; Ekspositori; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 09:12 |
Last Modified: | 23 Mar 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1219 |