Riskina, Fitri (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN TERHADAP PENCAPAIAN KOMPENTENSI DASAR PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA DI KELAS IX SMA NEGERI 1 PENYABUNGAN UTARA TP 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141006 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4102141006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4102141006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102141006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4102141006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102141006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4102141006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4102141006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4102141006 BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4102141006 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4102141006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas belajar siswa denganmenerapkan media audio visual pembelajaran pada materi Sistem Pernapasan padaManusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Panyabungan Utara Tahun Pembelajaran2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMANegeri 1 Panyabungan Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014 sebanyak 61 orang.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 orang dengan teknik total sampling.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpuldata dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda terdiri dari 40 item soal. Sebelumtes digunakan dalam penelitian ini, terlebih dahulu diujicobakan ke SMA Negeri 6Medan. Hasil uji coba instrument diperoleh dari 40 item soal yang diujicobakanterdapat 25 item soal yang valid, kemudian soal yang valid tersebut selanjutnyadijadikan sebagai instrument dalam penelitian ini.Dalam penelitian ini kefektifan suatu pembelajaran dilihat dari tiga indikatoryaitu: ketuntasan belajar secara klasikal, ketuntasan pencapaian indikator, danaktivitas belajar siswa. Hasil analisis data secara deskriptif, keefektifan media audiovisual pembelajaran dalam penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajarsiswa tergolong tinggi yaitu 83,48, ketuntasan belajar secara klasikal tergolong tuntasdengan persentase 86,89%, ketuntasan pencapaian indikator telah tercapai denganpersentase 100% dan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran tergolong sangatbaik dengan persentase 88,5% siswa sudah aktif. Dengan demikian, dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visualpembelajaran pada Sistem Pernapasan pada Manusia memberi hasil yang baikterhadap hasil belajar dan aktivitas siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.120 712 |
Keywords: | efektivitas belajar; hasil belajar; sistem pernapasan manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12187 |