Tambunan, Tiur I.R (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN MEDIA MOVIE MAKER PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI DAN KEGUNAANNYA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131075 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
4103131075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4103131075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103131075 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4103131075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103131075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4103131075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4103131075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4103131075 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4103131075 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103131075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung menggunakan media movie maker pada pokok bahasan minyak bumi dan kegunaannya. Penelitian ini dilaksanakan dibulan Mei – Juni 2014. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 4 kelas dengan jumlah 165 orang, 2 kelas terpilih menjadi sampel eksperimen 1 sebanyak 30 orang dan sampel eksperimen II sebanyak 30 orang juga. Sebelum dilakukan penelitian instrumen soal yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan dengan uji statistik. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan hasil rata-rata pretes kelas eksperimen I 52,666 dan rata-rata postesnya 83,333 sedangkan pada kelas eksperimen II rata-rata nilai pretest 53 dan nilai postesnya sebesar 76,666. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 65,9 % dan pada kelas eksperimen II 47,6 %. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t dengan kriteria pengujian Ha diterima jika thitung > ttabel. Berdasarkan perhitungan harga thitung = 4,15 kemudiaan dikonsultasikan t(0,05) (n1 + n2 – 2) pada ɑ = 0,05 maka secara interpolasi diperoleh harga thitung > ttabel = 4,15 > 1,9, maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media movie maker dibandingkan dengan model pembelajaran langsung menggunakan media movie maker.
Kata kunci : inkuiri terbimbing, movie maker, minyak bumi dan kegunaannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 553.280 1 Tam p |
Keywords: | hasil belajar kimia; pembelajaran inkuiri; inkuiri terbimbing; windows movie maker; minyak bumi; gas; petroleum; bensin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12179 |