Pasaribu, Intan (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 064955 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071744127063 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
071744127063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
071744127063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
071744127063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
071744127063 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
071744127063 DAFTAR TABEL .pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071744127063 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071744127063 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
071744127063 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
071744127063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 064955 bertujuan untuk mengaplikasikan model pembelajaran Jerold E.Kemp pada pembelajaran matematika materi pokok operasi hitung dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Semester Genap SDN. 064955 Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Semester Genap SDN. 105287 Tembung Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 orang siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Penentuan sampel ini berdasarkan hasil penelitian awal terhadap kelas yang akan diteliti dan hasil rujukan dari kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan 4 tahapan. Siklus I dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II dengan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data adalah angket observasi motivasi belajar siswa.Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata nilai angket awal sebesar 2,02 dengan kategori kurang termotivasi. Kesulitan-kesulitan siswa dianalisis kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran yang telah dirancang dengan model Jerold E.Kemp pada siklus I. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan rata-rata nilai angket motivasi belajar menjadi 3,20 kategori penilaian angket siswa secara rata-rata telah cukup termotivasi terhadap pembelajaran. Nilai ini masih belum memenuhi nilai angket motivasi yang diharapkan sehingga dilakukan refleksi sebagai pedoman untuk siklus II. Setelah direfleksi ternyata didapatkan permasalahan bahwa siswa belum memperhatikan pembelajaran dan nilai kepuasaan siswa terhadap pembelajaran juga masih kurang. Permasalahan yang diperoleh pada siklus I coba diatasi dengan memfokuskan pembelajaran untuk meningkatkan kedua aspek ini. Hasil yang diperoleh pada siklus II, nilai rata-rata angket siswa juga meningkat menjadi 4,21 dengan tingkat kategori motivasi siswa pada kategori termotivasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Hitung di kelas IV SD Semester Genap SDN. 064955 Tembung Tahun Ajaran 2012/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Pas p |
Keywords: | mengajar; belajar matematika; hasil belajar; pembelajaran kooperatif; TGT; perkalian; pembagian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12170 |