PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Silaban, Saronom (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Jurnal Title, 07 (01).

[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian ini telah dilakukan di SMA Methodist 1 Medan. Kelas sampel (kelas XI) diberikan perlakuan dengan model pembelajaran CTL. Kelas sampel telah memenuhi kriteria uji normalitas dan homogenitas. Evaluasi awal(pre-tes) siswa kelas sampel rata-rata M=16.25±6.25. Setelah perlakukan pembelajaran menggunakan model CTL, rata-rata pencapaian siswa (post-tes) meningkat menjadi M=76.39±6.09. Meningkatnya rata-rata post-tes siswa tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keberhasilan belajar ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa, dimana dalam perhitungan keberhasilan belajar berdasarkan %gain diperoleh rata-rata keberhasilan siswa sebesar 72% Hasil analisis uji beda atau uji t diperoleh thitung > ttabel (6,34> 1,6905) pada α = 0,05 yang berarti pembelajaran menggunakan CTL berpengaruh positif terhadap siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya pada pokok bahasan sistem koloid.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran CTL; Sistem Koloid; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:53
Last Modified: 21 Apr 2016 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item
View Item