Gulo, Nitha Gustyana (2015) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131022 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4101131022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4101131022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4101131022 ABSTRAK.docx.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4101131022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4101131022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101131022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101131022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101131022 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4101131022 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4101131022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4101131022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model mengajar menginduksi perubahan konsep (M3PK) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom kelas XI IPA SMA Swasta Gajah Mada Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Swasta Gajah Mada Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel diambil dengan berdasarkan pertimbangan (sampling purposif) sebanyak dua kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan M3PK dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan Model Konvensional, yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal dengan 5 options. Instrumen ini sudah terlebih dahulu dilakukan uji coba dari segi tingkat kesukaran, daya beda, validitas, reliabilitas, dan distraktor. Dimana rtabel untuk N=35 dan rtabel = 0,6 sedangkan rhitung = 0,86 (rhitung > rtabel) yang menunjukkan bahwa soal instrumen yang digunakan memiliki tingkat reliabilitas yang baik. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen = 34,17 dan post-test = 81,50 sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 33,67 dan post-test = 73. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak yaitu uji pihak kanan pada taraf α = 0,05 dan dk = (n1 + n2- 2). Jika > maka Ho ditolak. Dari perhitungan diperoleh thitung (4,59) > ttabel (1,69) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal Ini berarti bahwa Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Gajah Mada pada pokok bahasan Struktur Atom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Gul p |
Keywords: | M3PK; hasil belajar; struktur atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12156 |