Mahulae, Parno S (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SMA ST.THOMAS 3 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121051 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103121051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4103121051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4103121051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4103121051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4103121051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4103121051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103121051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103121051 BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4103121051 BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4103121051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar fisika pada materi Hukum Newton di kelas X SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 231 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 15 soal dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa saat pembelajaran. Hasil uji normalitas diperoleh data pretes berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,381 dan ttabel = 2,00 , karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai maka dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,3 dengan simpangan baku 14 dan kelas kontrol 62,4 dengan simpangan baku 14. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 2,7 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima, yaitu ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika pada materi Hukum Newton di kelas X semester I SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Mah p |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah; pembelajaran konvensional; hukum newton; gaya; massa dan berat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12086 |