Fitriana, - (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KERLAS X SMA N 1 AEK NATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121011 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101121011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4101121011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
4101121011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4101121011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4101121011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4101121011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4101121011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4101121011 BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
4101121011 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4101121011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran inkuiri, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa. Penerapan model pembelajaran inkuiri ini didasarkan atas kelebihannya yang menekankan pada penemuan siswa sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan dan diarahkan pada aktivitas siswa melalui eksperimen. Dalam proses pembelajaran inkuiri ini dapat mengembangkan keterampilan berpikir siswa dan melibatkan sejumlah pengalaman siswa. Penelitian dengan metode kuasi eksperimen ini melibatkan serangkaian kegiatan yang meliputi mendapat perhatian dan menjelaskan proses inkuiri, menyajikan permasalahan, siswa merumuskan hipotesis, mengumpulkan data melaui eksperimen, analisis data dan kesimpulan, merupakan serangkaian kegiatan mencari dan menemukan serta merumuskan sendiri penemuannya melalui eksperimen lebih bertahan lama dan lebih bermakna daripada sekedar membaca, mengingat dan memahami seperti yang diterapkan di kelas kontrol. Dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa mengalami perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor rata-rata pretes siswa di kelas eksperimen adalah 37,77 dan di kelas kontrol 38. Setelah diberi model pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional yang berupa metode ceramah dan tanya jawab di kelas kontrol, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada postes di kedua kelas. Skor rata-rata postes di kelas eksperimen 70,43 dengan standar deviasi 13,18, sedangkan di kelas kontrol 60,43 dengan standar deviasi 14,04. Perbedaan skor rata-rata ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa.Selain berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, model pembelajaran inkuiri juga meningkatkan aktivitas belajar siswa yang dapat diamati dengan peningkatan aktivitas dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga dengan kategori; 60% mendapat kategori cukup aktif, 40% mendapat kategori sangat aktif dan kategori sangat tidak aktif dan kurang aktif 0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran kelas X SMA N 1 Aek Natas T.P. 2014-2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Fit p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; model pembelajaran; pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12081 |