Priastuti, - (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN FISIKA DAN SATUANNYA DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI I TANJUNG TIRAM BATUBARA T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101321003 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4101321003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4101321003 KAAT PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4101321003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4101321003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4101321003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4101321003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101321003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101321003 BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
4101321003 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4101321003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik daripada pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretes Postes Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA NEGERI 1 Tanjungtiram Batubara yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi aktifitas belajar siswa yang di analisis secara deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 44,53 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 45,16. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran Kooperatif tipe GI dengan pendekatan saintifik sebesar 77,66 sedangkan siswa yang dibelajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 73,44. Melalui uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,965>1,6697 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 62. Dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I diperoleh rata-rata 50,83, pada pertemuan II dengan rata-rata 59,40 dan pada pertemuan III dengan rata-rata 65,20. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada pembelajaran konvensional dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Pri p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; kooperatif tipe group investigation; pendekatan saintifik; aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12078 |