Ningrum, Vera Mitah (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS BAGI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PRAYATNA MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311048 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4103311048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4103311048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4103311048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4103311048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103311048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4103311048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4103311048 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4103311048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103311048 BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
4103311048 BAB V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4103311048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4103311048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi prisma dan limas di kelas VIII-6 SMP Swasta Prayatna Medan T.A 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Swasta Prayatna Medan T.A 2013/2014 yang berjumlah 40 orang dan objek dalam penelitin ini adalah hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi prisma dan limas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes.
Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan banyak siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 36 siswa dari 40 siswa atau 90%, sedangkan banyak siswa yang mengalami penurunan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 4 siswa dari 40 siswa atau 10%. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 20% dari 57,5% di siklus I menjadi 77,5% di siklus II dimana pada siklus I, jumlah siswa yang aktvitas belajarnya dalam kategori aktif ada sebanyak 23 orang sedangkan pada siklus II, jumlah siswa yang aktivitas belajarnya dalam kategori aktif ada sebanyak 31 orang. Peningatan ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 32,5% dari 55% di siklus I menjadi 87,5% di siklus II dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 8,125 dari 63,5 di siklus I menjadi 71,625 di siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi prisma dan limas di kelas VIII-6 SMP Swasta Prayatna Medan T.A 2013/2014. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi Prisma dan Limas atau materi lain agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Nin m |
Keywords: | hasil belajar matematika; aktivitas belajar; pembelajaran kooperatif; model pembelajaran SFAE; prisma dan limas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12020 |