Dalimunthe, Solahuddin Al Ayyubi (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA PEUBAH DI MTS RAUDHATUL HASANAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311045 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103311045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4103311045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4103311045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4103311045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4103311045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4103311045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4103311045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4103311045 BAB I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
4103311045 BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4103311045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103311045 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 MTs Raudhatul Hasanah sebanyak 31 orang. Objek dari penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal dan penentuan kelompok siswa berdasarkan tingkat kemampuan. Data yang diberikan berupa tes hasil belajar yang berbentuk uraian yang diberikan dua kali pada setiap akhir siklus. Pada penelitian ini penggunaan LKS bertujuan sebagai alat bantu pengajaran untuk memudahkan proses belajar mengajar dalam kelompok-kelompok kooperatif. Dari analisis data setelah diberikan tindakan I (siklus I) diperoleh 23 dari 31 orang siswa (74,19%) mencapai ketuntasan belajar dan 8 dari 31 orang siswa (25,80%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 68,70. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai. Dari analisis data setelah diberikan tindakan II (siklus II) diperoleh 27 dari 31 orang siswa (87,10%) mencapai ketuntasan belajar dan 4 dari 31 orang siswa (12,90%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 77,09. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs Raudhatul Hasanah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Dal p |
Keywords: | hasil belajar matematika; pembelajaran kooperatif; numbered head together; persamaan linier dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12016 |