Siregar, Azizah (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311009 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4103311009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4103311009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4103311009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4103311009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4103311009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4103311009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4103311009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103311009 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
4103311009 BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4103311009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan make a match pada materi himpunan kelas VII-A SMP Swasta Gajah Mada Medan T.A 2014/2015.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan T.A 2014/2015 yaitu kelas VII-A sebanyak 38 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match). Cara pengambilan data adalah melalui nilai tes kemampuan awal, tes hasil belajar dan observasi. Tes kemampuan awal dan tes hasil belajar berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasikan oleh pakar pendidikan yaitu dosen-dosen matematika UNIMED dan guru matematika SMP Swasta Gajah Mada Medan. Setiap siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar. Observasi bertujuan untuk melihat strategi pembelajaran dan aktivitas siswa ketika proses pembelajaran berlangsung.Dari analisis data didapat nilai rata-rata tes awal adalah 58,95 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 26,32%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata tes hasil belajar I adalah 68,26 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 55,26%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata tes hasil belajar II adalah 80,39 dan nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 86,84%. Berdasarkan hasil observasi pada setiap siklus, strategi pembelajaran dan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran sudah baik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada himpunan kelas VII-A SMP Swasta Gajah Mada Medan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Sir p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; pembelajaran kooperatif; Make A Match; himpunan; himpunan dan notasinya; diagram venn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12011 |