PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DIKELAS VII-A SMP TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK

Fatmah, - (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DIKELAS VII-A SMP TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4102111004_ COVER.pdf]
Preview
Text
4102111004_ COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4102111004_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4102111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4101111004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4102111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4102111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4102111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4102111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_BAB I.pdf]
Preview
Text
4102111004_BAB I.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_BAB V.pdf]
Preview
Text
4102111004_BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4102111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4102111004_RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4102111004_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendektan SAVI pada materi pecahan di kelas VII-A SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Tarbiyah Islamiyah yang berjumlah 34 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Aktivitas dn Hasil Belajar siswa dengan menerapkan pendekatan SAVI di SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2014 / 2015 Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara dalembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi pecahan saat dilakukan pendekatan SAVI, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar dan Lembar observasi Aktivitas siswa pada saat menerapkan dilakukan penerapan pendekatan SAVI. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Aktivitas belajar siswa pada siklus I belum memenuhi kategori ideal karena persentase aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru belum memenuhi batas toleransi PWI (Persentase Waktu Ideal) yaitu 14,90% dan 6,34% (total 21,24%) dari waktu yang tersedia sedangkan idealnya adalah berkisar 25% sampai 35%. Namun, pada siklus II aktivitas siswa berdiskusi/ bertanya antar siswa dan antara siswa dengan guru sudah memenuhi batas toleransi PWI yaitu 21,5% dan 6,68% (total 28,18%). Karena semua kriteria sudah dipenuhi maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi kategori ideal. Dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat, banyaknya siswa yang tuntas pada siklus I adalah 21 orang (61,76%), pada siklus II banyaknya siswa yang tuntas meningkat menjadi 31 orang (91,17%), dari data tersebut dapat dilihat bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan SAVI meningkat. Perhitungan Reliabilitas Tes Hasil Belajar diperoleh jumlah Varians butir adalah 15,83218, sedangkan varians Total adalah 30,889273, dan dengan menggunakan rumus alpha, maka diperoleh tes hasil belajar adalah 0,6093172.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 513.260 712 Fat p
Keywords: hasil belajar; aktivitas belajar siswa; pembelajaran matematika; SAVI; pecahan senilai; operasi hitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 22 Aug 2016 09:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11985

Actions (login required)

View Item
View Item