Sihombing, Winda Muliyana (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111058 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4101111058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4101111058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4101111058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4101111058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4101111058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4101111058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4101111058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4101111058 BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
4101111058 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4101111058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4101111058 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengembangkan bahan ajar matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa (2) Mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian dilakukan di SMP Swasta Muhammadiyah 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan .Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat melalui model 3-D (Three-D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi tiga tahapan terdiri dari tahap pendefenisian (define), tahap rancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Ujicoba bahan ajar dilakukan sebanyak dua kali coba dan dilakukan pada siswa kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah 2 Medan. Pada ujicoba 1, sampel diambil dari kelas VII-A sebanyak 25 orang dan setelah diperoleh hasilnya belum efektif sehingga dilakukan perbaikan maka dilakukan ujicoba kedua. Pada Ujicoba 2, sampel diambil dari kelas VII-B sebanyak 24 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal berikut: (1) Efektivitas bahan ajar yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik disimpulkan berdasarkan bahwa : (a) ketuntasan klasikal sebesar 87,5 (b) ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK) (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,05 dan (d) ketercapaian aktivitas siswa efektif. (2) Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh gambaran bahwa bahan ajar yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi perbandingan, dimana peningkatan diperoleh setelah ujicoba 2 dilakukan. (3) Respon siswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) adalah positif. Sehingga disarankan kepada setiap guru terutama guru matematika agar mampu mengembangkan bahan ajar sendiri yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.720 71 Sih p |
Keywords: | bahan ajar; pendekatan matematika realistik; pemahaman konsep; materi perbandingan; perbandingan senilai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11984 |