Simanullang, Adha Yunita (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111001 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4101111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4101111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4101111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4101111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4101111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4101111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4101111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4101111001 BAB I.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
4101111001 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4101111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 17 Medan sebanyak 32 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada materi bilangan bulat di kelas VII-2 SMP Negeri 17 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.Dari hasil observasi, peneliti memperoleh bahwa nilai rata-rata observasi meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi guru meningkat dari 2,78 dengan dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,3 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Begitu juga dengan hasil observasi siswa yang meningkat dari 2,68 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,27 dengan kategori baik pada siklus II. Dari tindakan I, melalui pemberian tes kemampuan penalaran matematika I diperoleh 17 siswa (53,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes penalaran matematika II diperoleh 28 siswa (87,50%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 34,37%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Dari uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation pada materi bilangan bulat di kelas VII-2 SMP Negeri 17 Medan.Berdasarkan hasil yang di peroleh, disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk mempelajari materi bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sim u |
Keywords: | bilangan bulat; group investigation; penalaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11977 |