Surip, Muhammad (2014) PENINGKATAN PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ICT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Jurnal Bahas (90). pp. 22-45. ISSN 0852-8535
Fulltext.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Mahasiswa di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia kurang memiliki minat yang baik dalam meningkatkan prestasi belajarnya dan memiliki kemandirian belajar bersama dengan sesama mahasiswa. Penyebab dari permasalahan tersebut karena kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh dosen. Dosen kurang memberikan kebebasan berpikir dan berkreasi sendiri dalam menyelesaikan permasalahan pengkajian teori dalam perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah ICT melalui pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan prestasi mahasiswa dari siklus I rata-rata nilai mahasiswa 70.15, dan siklus II nilai rata-rata mahasiswa 82.06 sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah ICT di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Prestasi; Kemandirian belajar; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 09:07 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1187 |