Irmayani, Dewi (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 028227 BINJAI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
071744127068 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
071744127068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
071744127068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
071744127068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
071744127068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
071744127068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071744127068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
071744127068 BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
071744127068 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
071744127068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan keefektifan pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran Quantum Teaching pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD Negeri 028227 Binjai Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 028227 Binjai yang berjumlah 42 siswa. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Quantum Teaching dengan instrumen penelitian berupa essay tes terdiri dari 5 soal pada pokok bahasan pecahan yang telah divalidasi terlebih dahulu oleh validator dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Pada pertemuan awal pembelajaran diberikan tes untuk mengetahui kemampuan siswa serta mengetahui kesulitan dalam menyelesaikan soal pecahan. Untuk setiap kali pertemuan pembelajaran diberikan tes hasil belajar kepada siswa untuk melihat kemampuan dari siswa. Pertemuan terakhir dilakukan tes hasil belajar untuk melihat hasil yang telah dicapai siswa secara keseluruhan dari pokok bahasan yang telah diajarkan. Berdasarkan analisis siklus I diperoleh dari 42 siswa terdapat 28 siswa atau 66,67% tuntas belajar dan terdapat 14 siswa atau 33,33% tidak tuntas belajar dengan demikian dinyatakan tuntas secara klasikal yaitu 66,67% dan rata-rata hasil belajar pada siklus I 69,52. Pada lembar hasil observasi dari observan setiap kali pertemuan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Quantum Teaching belum begitu sepenuhnya dapat dilaksanakan dengan baik melihat siswa belum terbiasa dengan pembelajaran Quantum Teaching. Pada analisis data siklus II dengan perbaikan pembelajaran diperoleh dari 42 siswa terdapat 38 siswa atau 90,47% tuntas belajar dengan rata-rata kelas 74,76. Dari data diatas diperoleh ketuntasan belajar siswa meningkat 23,80% dan rata-rata meningkat sebesar 5,24. Berdasarkan hasil tes belajar yang dilaksanakan setiap kali diakhir pertemuan dan dari data yang dianalisis diperoleh bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Irm p |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Quantum Teaching; Model Quantum Teaching; Kerangka Rancangan; Langkah Pembelajaran; Bilangan Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11858 |