Silalahi, Neva Asih Sary (2014) PENGARUH TEKNOLOGI IT PADA MODEL DISCOVERY CONSTRUCTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA POKOK BAHASAN ZAT ADITIF MAKANAN KELAS VIII SMP KALAM KUDUS MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4101131021-COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM 4101131021-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM 4101131021-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 4101131021-PREFACE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM 4101131021-TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM 4101131021-TABLE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM 4101131021-ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. NIM 4101131021-APENDICES.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
10. NIM 4101131021-CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
11. NIM 4101131021-CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
12. NIM 4101131021-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. NIM 4101131021-BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar kimia SMP Kalam Kudus Medan yang menggunakan media animasi flash dengan Ms. Power Point pada model Discovery Constructive Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C SMP Kalam Kudus Medan. Pengambilan sampel penelitian diambil secara purposive sampling yang terdiri dari kelas pembelajaran Discovery Constructive Learning dengan media animasi flash dan pada kelas pembelajaran Discovery Constructive Learning dengan media Ms.Power Point. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa kelas pembelajaran Discovery Constructive Learning dengan media animasi flash dan kelas pembelajaran Discovery Constructive Learning dengan media Ms.Power Point dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan data gain ternormalisasi, besar peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran Discovery Constructive Learning dengan media animasi flash adalah 84,43% dan peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran Discovery Constructive Learning dengan media Ms.Power Point adalah 71,06%. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah 13,37%. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh t < -t½α dan t > t½α dengan menggunakan uji t dua pihak yaitu 0,0437 < -0,025 dan 0,0437 > 0,025 pada taraf signifikansi α = 0,025. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dimana Ha = ada perbedaan peningkatan hasil belajar kimia SMP Kalam Kudus Medan yang menggunakan media animasi flash dengan Ms. Power Point pada model Discovery Constructive Learning kelas VIII SMP Kalam Kudus Medan pada pokok bahasan zat aditif makanan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Sil p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kimia; Strategi Pembelajaran; Discovery Constructive Learning; Teknologi IT; Zat Aditif Makanan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11797 |