Samosir, Harrys (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP N 1 LIMA PULUHT.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121029 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4103121029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
4103121029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4103121029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103121029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103121029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103121029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103121029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103121029 BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
4103121029 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103121029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa dan melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII SMP N 1 Lima Puluh tahun pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Lima Puluh yang berjumlah 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VIII-F dan VIII-G. Kelas VIII-F pembelajaran diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan pada kelas VIII-G dengan model inkuiri. Instrumen penelitian ini berupa tes yang berjumlah 12 item bentuk essay test dengan point 0-4, yang telah diuji validitasnya. Data hasil penelitian dianalisis untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji t dua pihak. Berdasarkan data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 4,22 dan nilai pretes kelas kontrol adalah 4,97. Pada uji normalitas dan homogenitas data pretes diperoleh untuk kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Untuk analisis data pretes dari uji hipotesis (uji t) diperoleh thitung < ttabel yaitu -0,965 < 1,98 maka Ho diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 66,80 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes 45,43. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh untuk kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,70 > 1,98 berarti Ho ditolak sedangkan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh peningkatan aktivitas siswa kelas eksperimen dari pertemuan I, II, dan III dengan masing-masing sebesar 50,29 (cukup aktif), 69,61(aktif) dan 90,22 (sangat aktif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 534.507 12 Sam p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Inkuiri; Getaran; Amplitudo; Frekuensi Getaran; Gelombang Mekanik; Gelombang Elektro Magnetik; Gelombang Transversal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11790 |