Batubara, Hamsah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI I TEBING TINGGI KAB. SERDANG BEDAGAI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321020 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103321020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
4103321020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103321020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103321020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103321020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103321020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103321020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103321020 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4103321020 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4103321020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Kab. Serdang Bedagai.Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Kab. Serdang Bedagai yang berjumlah 2 kelas. Sampel penelitian diambil dari populasi dan dibagi kedalam dua kelompok, yang terdiri dari satu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan satu kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jumlah keseluruhan sampel adalah 66 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa adalah instrumen tes jenis pilihan berganda dengan jumlah soal 20 item yang sudah divalidkan oleh validator dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa digunakan instrumen observasi. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,60 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 42,27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dan diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen 82,58 dan kelas kontrol 71,21. Hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa juga terjadi peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 4,91 sedangkan ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Kab. Serdang Bedagai T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Bat p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Problem Based Learning; Arus; Kuat Arus Listrik; Beda Potensial; Tegangan Listrik; Hukum Ohm; Hambatan Listrik; Hukum Kirchoff; Daya Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11788 |