Crisandi, Desi (2014) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK BIOLOGI SEBAGAI ILMU DI KELAS X SMA NEGERI 1 BESITANG BERBASIS KURIKULUM 2013 TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141004 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4102141004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4102141004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4102141004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4102141004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102141004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4102141004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4102141004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102141004 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
4102141004 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4102141004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4102141004 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan siswa, pencapaian indikator dan aktivitas guru maupun siswa dengan implementasi metode problem solving terhadap pembelajaran biologi siswa pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X-1 SMA Negeri 1 Besitang Berbasis Kurikulum 2013 Tahun Pembelajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Besitang Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas,dengan jumlah masing-masing per kelas 36 orang, dan sampel penelitian ini adalah kelas X-1 yang diambil secara acak (random).Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 25 soal dari 40 soal yang telah diuji validitasnya. Selain tes hasil belajar, ada lembar observasi yang dibuat untuk memperoleh data tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Tes hasil belajar dianalisis dengan menggunakan skala lima norma absolut untuk menghitung tingkat penguasaan siswa, pencapaian indikator, aktivitas guru dan siswa. Dari hasil analisis data diperoleh tingkat penguasaan siswa adalah sebagai berikut : 6 orang (16,6%) siswa yang tingkat penguasaannya sangat tinggi (90
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Cri i |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Problem Solving; Penguasaan Siswa; Aktivitas Guru; Siswa; Indikator Pembelajaran; Kurikulum |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11768 |